Selasa, 02 April 2013

Review Smartphone Acer Liquid Z110 DUO Indonesia

Dengan harga sejutaan dan prosesor 1 Ghz, smartphone Acer Liquid Z110 Duo bisa dijadikan pilihan untuk masuk daftar belanja gadget. Tidak hanya baik di audio, kinerjanya pun lumayan serta dari vendor branded.

Pesaing.
Dengan brand terkenal yang disematkan, pastilah lebih mahal. Padahal fitur yang diadopsi pun sama, kamrea 3.2 MP, dual SIM dan android Gingerbread. Dia;ah Samsung Galaxy Y Duos.

Desain

Bentuknya menyerupai kurva di tepi atas dan bawah, mengingatkan kita dengan sony vivaz. Meski tak sama persis, karena dimensinya lebih pendek dari vivaz. Tombol haptic pun tidak dijiplak, karena vivaz memiliki tombol fidik, sementara Liquid Z110 duo tidak. Ikon logo yang menjadi penampangnya pun cukup lega. Berjumlah 3 buah yang berfungsi untuk back, homescreen dan pengaturan.

Di bagian belakang malah jauh berbeda. Permukaan liquid z110 duo tergolong flat (vivaz cenderung cembung). Ini yang membuat nyaman digenggam. Ditambah lagi, permukaan doff yang kesat sehingga rekat berada di tangan meski tidak bertekstur.

Layar dan Antarmuka

Layar yang digunakan terbentang hingga 3.5 inch. Memiliki teknologi layar kapasitif, peka terhadap respon jemari. Tinggal melakukan sedikit sapuan dan tap untuk masuk ke menu. Fitur pun mudah dieksekusi tanpa gejala lag berarti. Memainkan games dengan layarnya sudah cukup menjanjikan. Asalkan tidak menggunakan beberapa sentuhan secara bersamaan. Sebab, untuk multitouch hanya mengakomidir 2 titik.

Dual SIM

Dua kartu. Memang Acer Liquid Z110 duo menggunakan dua jaringan untuk berkomunikasi dengan dunia luar. Keduanya bisa diatur sesuai selera. Tinggal pilih saja SIM management, Anda bisa memilih mana yang akan digunakan untuk menelepon, sms dan transfer data. Oh iya, untuk jaringan seluler 3G, hanya satu SIM saja yang bisa menggunakannya. Anda bisa memilihnya ketika masuk ke pengaturan, lalu pilih mobile network. Tinggal atur jaringan mana yang ingin dipakai untuk data, selebihnya hanya menggunakan jaringan EDGE.

Kinerja

Googling, youtube, cek email dan bermain games bisa dilakukan secara real time. Tidak ada gejala tersendat selama penggunaannya. Mungkin dengan operasi sistem Gingerbread malah lebih ringan dibandingkan ICS yang membutuhkan ruang lebih banyak. Hasil uji antutu benckmark menunjukkan hasil total 5951.

Audio Player

Klaimnya Z110 duo menggunakan SRS surround, tapi suara yang keluar dari speaker malah tidak merdu. Speaker bodi yang ditugaskan untuk memuntahkan suara tidaklah bekerja dengan baik. Karena hasil kombinasi mid, bass dan treble kurang berharmoni. Tanpa srs sorround, suara malah lebih berkualitas dan tidak asal keras. Kombinasi suara lebih baik dengan kolaborasi nada yang pas untuk didendangkan di telinga.
Pertanyaannya, kenapa SRS Surround disematkan bila tidak mampu mendongkrak kualitas suara yang disemburkan oleh speaker bodi?



Kamera

Dengan resolusi 3.2 MP, hasil jepretan tidaklah maksimal. Apalagi bila memotret di dalam ruangang yang sedikit cahaya. Gambar terlihat berpasir dengan warna sedikit pucat. Dengan flsh dihidupkan, gambar yang diabadikan lebih baik, meskipun noise juga kerap terlihat. Termasuk saat mendokumentasikan gambar chat warna.
Kondisi di luar ruang, gambar lebih baik, terlihat tajam dengan reproduksi warna yang lebih bagus.


Spesifikasi Acer Liquid Z110 Duo

Rilis Desmber 2012.
Jaringan: Dual SIMm HSDPA SIM1 only.
Dimensi: 110 x 61.5 x 12.3 mm.
Berat: 100 gram.

Display

TFT 3.5 inch Capacitive touchscreen, 256K colors, 320x480 pixel, ~165ppi pixel density, multitouch 2 point.

Hardware dan OS

OS: Android gingerbread.
Prosesor: MTK 1.0 Ghz.

Multimedia

Kamera: 3.2 MP, flash.
Audio player: mp3/wav/wma/eaac+
Video player: mp4/H.264/H.263.
Stereo FM radio.

Konektivitas dan Memori

Koneksi nirkabel: wifi, bluetooth.
Koneksi kabel: microUSB, jack audio 3.5 mm.
Memori internal: 200MB, RAM 512MB.
Memori eksternal: microSD up to 32 GB.

Messaging

SMS (threaded view), MMS, email, push mail.

Lain-Lain

Browser, maps, file manager, messenger, latitude, play store, navigation, place, youtube.

Paket Penjualan

Handset, baterai, charger, microSD 4 GB, kartu garansi, buku panduan.

Kelebihan

Linerja lumayan baik.
Harga terjangkau.
Prosesor 1 Ghz.

Kekurangan

Kamera kurang bagus.
Fitur SRS surround tidak optimal.

Harga di Pasar Indonesia

Rp. 1.099.000,-

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.