Kamis, 28 Maret 2013

Review Ponsel Nokia 112 Si Kecil Cabe Rawit

Keci-kecil cabe rwait. Kemudahan gonta-ganti kartu, akses internet cepat serta mempunyai kelengkapan akses jejaring sosial menjadi senjata ampuh nokia untuk ponsel kelas bawah. Dua ponsel baru yang baru saja ditawarkan adalah nokia 110 dan nokia 112. Dengan tubuh mungil berbalut warna cyan, Nokia 112 diharapkan kaum muda-mudi mau meminangnya.

Saya rasa Nokia 112 ini sangat cocok bagi mereka yang sering online.

Desain

Sederhana dan biasa saja kalau melihat keseluruhan ponsel ini. Paling menonjol cuma di sisi samping kanan, dimana tempat SIM 2. Pasalnya Nokia memberikan teknolgi hotswap pada slot tersebut dan ini sepertinya sudah berlaku secara umum untuk sebagian ponsel kelas bawah.

Untuk slot SIM 1 letaknya di dekat baterai, dekat dengan slot kartu memori. Navigasi mengandalkan D-pad empat arah dan keypad sebagian diberi warna cyan untuk menambah kontras keseluruhan warna. Kelebihan di sini adalah keypadnya empuk saat ditekan.

Dual SIM

Dual SIM di ponsel Nokia memiliki keunggulan lain walaupun fungsi dasarnya tetap sama. Yaitu bisa bergonta-ganti kartu menyesuaikan keinginan pengguna untuk memilih kartu SIM mana yang akan digunakan untuk menelepon, mengirim pesan atau untuk koneksi data internet.

Slot SIM 1 sebagai kartu utama, sedangkan slot 2 menjadi tempat alternatif pilihan kartu lainnya. Ponsel ini bisa dipersonalisaikan hingga 5 kartu berbeda. Tinggal masuk ke "Manager SIM" lalu sesuaikan pilihan yang Anda inginkan.
Dengan adanya teknologi hotswap, tidak perlu lagi mematikan ponsel ketika ingin berganti kartu. Anda pun bisa mengubah nama SIM sesuai dengan selera.

Selain itu, kita juga bisa memindahkan kontak, kalender, dan konten lainnya dari ponsel lama dengan mudah menggunakan bluetooth. Masuk saja ke Pengaturan > Pilih Sinkron & Pencadangan > Alih telepon.



Layar

Apa saja yang bisa dilakukan untuk mengubah tampilan layar 1,8 ibch menjadi lebih menarik.
Wallpaper bisa menggunakan koleksi foto yang dimiliki atau mendownload langsung dari nokia store. Kemudian warna dan ukuran front layar bisa digonta-ganti.

Untuk tampilan menu utamanya ada opsi pilihan "Tunggal", "Daftar", dan "Kontak". Anda bisa mempersonalisasikan tampilan dengan menambahkan konten yang diinginkan sebagai jalan pintas. Misalnya saja konten "Manager SIM", "Panel cara pintas" dan masih banyak lagi. Cuma tiga pilihan konten yang bisa ditampilkan di layar utama.

Multimedia

Mulai dari kamera, Nokia 112 hanya mengandalkan kamera VGA di bagian belakang. Untuk melakukan pembesaran, tekan D-Pad di bagian atas atau bawah. Hasil foto bisa disimpan langsung ke memori eksternal karena keterbatasan memori internal. Ada timer otomatis, serta beberapa efek penunjang gambar. Videonya hanya beresolusi 176x144 pixel dan ada pengaturan seperti halnya di kamera.

Untuk mendengarkan musik, ada 2 pilihan yaitu lewat pemutar musik atau radio. Keluaran suara dari speaker bagus, terdengar jernih dan jelas. Suaranya bisa dipindahkan ke perangkat audio lainnya dengan menggunakan koneksi bluetooth.

Semua lagu akan dikategorikan berdasarkan album, artis, genre serta daftar putar. Sementara untuk mengaktifkan radio harus mencolokkan earphone pada lubang audio jack yang letaknya di bagian atas. Kita bisa memilih siaran radio yang diinginkan dan merekam siarannya langsung dari ponsel. Untuk membesarkan mengecilkan suara speaker bisa menekan D-pad di bagian atas dan bawah.

Aplikasi dan Internet

Bagian terpenting Nokia 112 adalah aplikasi, game, browser dan baterai. Berbagai aplikasi seperti Nokia life, ebuddy, facebook, jam dunia, kios, konverter, tips dan tawaran, twitter serta browser Xpress Nokia (bisa didownload OTA) serta IM tersedia di sini. Bahkan email dari ponsel ini pun sangat mungkin.

Ada 40 game dari EA yang bisa diunduh gratis selama 60 hari sejak ponsel diaktifkan, antara lain adalah Tetris, Bejeweled, Need for Speed The Run, Monopoly Here & Now dan SimCity Deluxe.
Waktu siaga baterainya hingga 4 hari. Bermain game dan browsing hingga 1 hari penuh sejak diisi penuh.

Kelebihan

Gratis Game EA.
Baterai tahan lama.
Speaker bagus.

Kekurangan

Belum 3G.
Tak ada WiFi.
Kamera masih VGA.

Spesifikasi

Dirilis Mei 2012.
Jaringan: GSM 900/1800 Mhz, SIM 1 dan 2.
Dimensi: 110.4 x 46.9 x 15.4 mm.
Berat: 85.5 grams.
Batera: Li-Ion 1400 mAh.

Layar

TFT 1,8 inch, 128x160 pixel, 65 ribu warna, ~114 ppi.

Kamera

VGA, 640x480 pixel.
Video 176x144.

Konektivitas

Koneksi nirkabel: GPRS, EDGE, Bluetooth.
Koneksi kabel: jack audio 3,5 mm.

Memori

Memori internal: 16 MB.
Memori eksternal: microSD hingga 32 GB.

Messaging

SMS (threaded view), MMS, email, IM.

Lain-lain

Dual SIM, vibration, polyphonic, phonebook 1000 entri, call record, WAP 2.0/xHTML, stereo Radio FM with RDS, FM recording, games, java, MP4/H.264 player, organiser, voice memo.

Paket Penjualan

Handset.
Baterai.
Charger.
Earphone.
Kabel data.
Buku manual.

Harga

Rp. 525.000,-