Sabtu, 30 Maret 2013

5 Tablet TV Lokal Pilihan

Memang tak bisa dipungkiri bahwa tv analog ternyata tetap menjadi salah satu faktor bagi sebagian orang dalam memilih perangkat gadget-nya. Dari ponsel, kini bergeser ke tablet. Walau tak bisa dikantongi lagi, tetap saja banyak orang yang menjinjingnya kemana-mana. Menonton pun jadi lebih asyik dengan dukungan layar besar dan bisa disaksikan banyak orang.

Walaupun sekaran banyak tablet TV, bukan berarti asal pilih. Ada hal lain yang perlu diperhatikan.
1. Harga dan Fitur.
Harga yang Anda bayar sesuai dengan fitur yang ada. Jadi, bukan hanya tv, mungkin bisa game bawaan yang menarik, kelengkapan koneksi, OS yang digunakan, walaupun sudah ICS, pastikan bahwa spesifikasi mendukung untuk platform versi tersebut karena banyak tablet ICS yang dipaksakan padahal prosesor, ROM, RAM dan memori internal tidak mendukung kinerjanya.

2. Pilian Layar.
Pilihan layar yang pas untuk Anda. Sesuaikan selera dan kebutuhan, kalau lokal banyak yang 5 inch (phablet) dan 7 inch. Pilihannya juga ada dua jenis layar, mau yang resistif atau kapasitif. Keduanya dibedakan pada kepekaan sentuhan, Kalau resistif bisa juga dengan alat bantu atau dengan kuku yang agak runcing. Kapasitif lebih baik kinerjanya karena sudah dapat mengenali sentuhan hingga 5 titik hanya dengan menyapunya via jemari.

3. Tablet SIM dan No SIM.
Faktor ketiganya adalah tablet yang ada SIM dan tidak ada SIM. Nantinya akan terbatas pada penggunaan komunikasi. Kalau dulu hanya bisa browsing pakai wifi, kini sudah bisa telepon dan sms. Tergantung pada kebutuhan, kalau hanya sebatas hiburan misalnya game dan nonton tv, tak perlu SIM card, wifi saja sudah cukup. Akan teapi kalau tablet Anda mau dijadikan alat komunikasi, ya perlu jaringan operator.

4. Kamera.
Kamera menjadi faktor selanjutnya. Bohong kalau Anda tak butuh kamera walaupun hasilnya tak bagus tetap Anda butuh itu. Banyak tablet hanya mengandalkan kamera depan, untuk video call, tapi sekarang depan dan belakang.

5. Vendor Penjual.
Terakhir, pastikan vendor penjual bertanggung jawab, artinya sudah memiliki layanan purna jual di mana-mana. Jadi kalau ada kerusakan, gampang mencari tempat servisnya.

Berikut ini adalah beberpa tablet lokal dengan fitur tv analog yang bisa dibeli di pasaran

1. Cyrus Gamepad Honey TV - 8 GB Rp. 1.399.000,-

Tidak bisa nelepon dan sms.
Sebagai vendor dari Gampad honey TV, cyrus menggandeng gameloft untuk menghadirkan seri game HD terbaik di tabletnya tersebut. Anda bisa mendapatkan modern Combat 3, N.O.V.A 3, Asphalt: Heat Shark, Dash dan 9mm. Cyrus juga menjamin game tersebut merupakan game full Version. Dengan HDMI port yang ada, Anda bisa memainkan game di layar TV, tentunya dengan kabel HDMI yang ujungnya sesuai dengan port tablet tersebut. Kapasitas penyimpanannya juga besar, 8 GB (Rp. 1.399.000,-) dan 16 GB (Rp.1.499.000,-) dan ada tambhan microSD. Terserah Anda mau pilih yang mana.



Tebalnya 11 mm, layar 7 inch IPS capacitive touchscreen 1024x600 pixel, android ICS, prsesor 1 Ghz, GPU 400 Mhz, 3D mali, dual kamera, wifi, bluetooth, microUSB, jack audio 3.5 mm, HDMI, pilihan internal memori 8 GB dan 16 GB, microSD 32 GB, Cyrus Indobook, FM Radio, pemutar musik dan pemutar video, baterai 4000 mAh.

2. IMO TAB Z6 - rP. 1.225.000,-

Bisa digunakan untuk telepon dan sms.
Komunikasi dan hiburan mencoba dihadirkan oleh IMO lewat Tab Z6. Kita bisa melakukan telepon dan sms serta menjalankan hiburan lewat tv analog dan memainkan game Avengers besutan gameloft serta angry birds Rio dan angry birds space. Untuk tv-nya ada 25 channel yang bisa dimaksimalkan, sayangnya tidak ada fitur untuk rekam acara televisi. Disayangkan juga hanya ada kamera belakang 2 MP. Kapasitas memori internalnya 3 GB, walaupun demikian masih disokong microSD hingga 32 GB.



Layar 7 inch capacitive WVGA multitouch, android ICS, prosesor cortex A8 dengan clock speed 1.5 Ghz, kamerq 2 MP, 1600X1200 PIXEL, WIFI, hsdpa, bluetooth, microUSB, jack audio 3.5 mm, HDMI, baterai Li-Ion 3500 mAh, analog TV, android Indonesia, dolphin browser, ES explorer, flash player, iToday, kingsoft, office, line, linkedin, MX player, skype, teh avenger, twitter, you tube.

3. Movi Max P3 - RP. 1.250.000,-

Telepon dan SMS.
Seri ini merupakan kelanjutan dari tipe sebelumnya yakni movi max P1 dan P2. Komunikasi berjalan dengan lancar via voice maupun teks. Jaringan GSM-nya tidak mendukung jaringan 3G jadi hanya sampai pada tingkatan EDGE saja. Jadi untuk berselancar ke dunia maya asyiknya mengandalkan jaringan wifi yang ada.





Sebagai penunjang hiburan, bekal yang paling diandalkan adalah TV analognya yang menyediakan 50 channel. Sayangnya, tablet ini tiak dilengkapi dengan kamera depan, jadi pengguna tidak bisa melakukan video call lewat aplikasi swype. Di bagian koneksi sudah dilengkapi dengan USB On The GO serta port HDMI.

Ketebalan 11.1 mm, layar 7 inch TFT Capacitive touchscreen WQVGA 800x480 pixel, android ICS, prosesor ARM 1,5 Ghz, memori internal 4GB NAND + 256 MB DDR3, memori eksternal microSD up to 32 GB, kamera VGA, konektivitas wifi 802.11 b/g/n, bluetooth, HDMI port, USB 2.0 port, audio jack 3.5 mm, browser HTML, tv analog, google play, gmail, email, google search, Gtalk, google maps, latitude, navigation, audio/video player, facebook, twitter, yahoo messenger, you tube, calender, calculator, alarm, baterai Li-Ion 3200 mAh.

4. Mito t970 - Rp. 1.500.000,-

Telepon dan sms.
Ini salah satu tablet 9 inch yang mengusung fitur tv analog. Wal hasil layar lega, nonton tv semaqkin asyik karena banyak pihak yang bisa menikmati tampilannya dan sudah dilengkapi kick stand. Selain itu, sudah memiliki kamera depan jadi bisa video call lewat aplikasi skype. mito T970 dalam sekejap bentuknya bisa menjadi notebook ketika dipasangi keyboard. Memang sengaja dibuat seperti itu perwujudannya sekarang ini. Hanya saja spesifikasi tidak jauh berbeda dari tablet loal lainnya dan harganya pun begitu bersaing.



Layar 9 inch capacitive touchscreen multitouch 4, dual kamera 2 MP (belakang) dan VGA (depan), video call, video recorder, microSD 32GB, wifi 802.11 b/g/n, bluetooth, kabel usb, audio jack 3,5 mm, android ICS, prosesor 1 Ghzs, HTML, Tv Analog, kick stand, docking keyboard, mp3/mp4 player, radio fm, google maps, facebook, twitter, skype, google plus, you tube, baterai Li-Ion 2700 mAh.

5. Venera Cloud Tab 3 - Rp. 1.799.000,-

Telepon dan sms.
Menyikapi persaingan yang makin ketat, venera pun menghadirkan generasi ketiga dari seri cloud tab. Tampilannya tak jauh berbeda, tetap mengusung layar 7 inch. Pembedanya adalah hardware yang lebih baik dengan prosesor dual core 1 Ghz. Android Ice Cream Sandwich dengan dukungan microSD 32 GB. Lewat tablet ini, Anda bisa menelepon dan sms dengan koneksi 3.5G. Dilengkapi dengan fitur TV analog dan dual kamera serta GPS sebagai panduan bernavigasi.



Ketebalan 11.1 mm, layar 7 inch capacitive touchscreen 800x400 pixel 16:9 multitouch, android 4.0 ICS, prosesor mediaTek dual core 1 Ghz, memori internal storage 4 GB, memori eksternal microSD up to 32GB, transfer data HSDPA, 3G, EDGE, gprs, kamera 2MP dan VGA, video record, sms, mms, email, wifi, bluetooth, kabel data, audio jack 3.5 mm, browser html, tv analog, audio/video player, radio fm, gps, google maps, play store, g-sensor, gmail, youtube, calender, calculator, alarm, game, baterai Li-Ion 3000 mAh. Standby 104 jam ,talktime 400 menit.