Kamis, 28 Maret 2013

Review Smartphone Cross Andromeda A20

Harganya relatif terjangkau dan kinerjanya pun lumayan merupakan kombinasi oke untuk mereka yang mencari android yang dual SIM. Smartphone ini didukung dual-ON, jadi kedua kartu yang dipasang dapat aktif bersamaan. Kita bisa tentukan mana yang menjadi default untuk bertelepon maupun ber-sms. Sedangkan untuk akses data, salah satu SIM langsung dijadikan default oleh sistem. Kalau mau menyetel ulang, bisa lewat setting > SIM > Management.

Pesaing yang paling dekat adalah Mito A322, banderol juga murah, menjadikan ponsel lokal ini kandidat rekomendasi di kelas sejutaan. Selain dual core, layarnya sudah bisa menampilkan video High Definition.

Kinerja

Hasil benchmark memperlihatkan skor yang lumayan bagus bahkan sempat tampak lebih baik dari Samsung Galaxy Tab generasi pertama.
Tampaknya meski androidnya masih gingerbread, kombinasi prosesor 1 Ghz dan storage besar, cukup berhasil mendongkrak kinerja. Seberapa jauh iini bertahan, masih perlu pembuktian lebih lanjut, saat storage sudah pol diisi aplikasi.

Ada aplikasi ekstra pendukung kinerja seperti:
  • Advanced Task Killer.
  • App 2 SD.
  • Backup master.
  • dan sebagainya.



Cross A20 dimasuki juga aplikasi tambahan seperti:
  • Angry birds dan solo lite untuk game.
  • Ebuddy dan facebook untuk media sosial.
  • Mini lyrics untuk player musik.
  • QQ browser untuk browsing.
  • Keyboard dan wireless untuk kemudahan koneksi ke keyboard nirkabel.
Tentu saja kita bisa dengan mudah menambahkan aplikasi lain yang diinginkan.

Secara deafult, homescreen terdiri dari 5 jendela, dan 2 diantaranya berisi pintasan meski tak signifikan. Tak ada modifikasi khusus pada tampilan. Setting internet operator langsung dikenali. Oh iya, smartphone cross A20 ini maksimal hanya mendukung EDGE di jaringan.

Sementara itu, untuk koneksi internet hasil terbuka dengan cepat rata-rata memerlukan waktu 16 detik.
Koneksi internet dari handset bisa dishare dengan perangkat lain lewat Setting > wireless & networks > Tethering & portable hotspot.

Musik player, Video dan Radio FM

Earphone haru ditanjapkan agar radio bisa dipakai. Pengaturannya simpel saja, diantaranya adalah ada earphone dan speaker untuk opsi dengar. Power untuk menghidupkan atau mematikan radio. Meski simpel ternyata kita bisa merekam siaran radionya.

Untuk memutar musik ada 2 pilihan, mau pakai music atau mini lyrics. Di music ada pengaturan sound effect, sementara di miini lyrics aplikasinya otomatis mencarikan teks lagunya. Serasa memiliki karaoke pribadi saja.
Tak ada pengaturan tambahan di video player. Player ini bisa menjalankan format file populer namun ukurannya harus kecil.

Kamera

Kamera utama 3 MP dan silengkapi dengan flash. Kamera baru bisa akan berfungsi kalau ada microSD sudah terpasang. Pengoperasian kamera dengan memakai shutter sentuh. Perpindahan antara mode foto dan video dilakukan dari ikon di sisi jendela, begitu juga perpindahan antara kamera utama dan kamera depan.

Pada kemera utama dan depan ada tambahan mode smile shot dan burst selain normal. Kemudian ada multi angle view, panorama dan auto scene detection selain camcorder dan normal untuk kamera utama. Face detection ada pada kamera utama maupun kamera depan.

Hasil fotonya biasa saja, yang terbaik adalah saat obyek diam dan kondisi cukup cahaya. Cenderung banyak noise, kurang tajam. Video cukup mulus ketika di putar dan dibuka di komputer. Foto maupun video bisa dishare ke facebook, messaging, bluetooth dan email.


Desain

Desainnya tak banyak beda dengan beragam smartphone lain yang berlayar 5 inch yang sudah ada di pasar. Meski ukuran bodi terbilang besar, bobotnya ternyata lumayan ringan untuk ditenteng. Bisa jadi bahan plastiklah yang ada pada casing sehingga mengurangi bobot. Namun permukaan mengkilap seperti biasany mudah menyimpan sidik jari jemari.

Pada sisi layar bawah diisi panel sentuh Menu dan Back diapit tombol HOME. Kaca 5 inch itu sendiri menyatu dengan panel sentuh sehingga terkesan sangat luas. Layar sentuh tergolong responsif sewaktu disapu atau ditotol. Ada opsi otomatis untuk brightness dan tak tampak setting untuk panel sentuhnya.

Speaker letaknya ada di kiri bawah belakang. Tombol volume ada di kiri vodi dan jack audio 3,5 mm serta tombol power letaknya ada di atas bodi. Port micrUSB letaknya ada di bawah bodi sementara slot microSD disembunyikan di balik casing, begitu pula dengan SIM.





Kelebihan

Bayak fitur ekstra dan Dal SIM.

Kekurangan

Hasil kamera dan video biasa saja.

Spesifikasi

Rilis tahun 2012.
Jaringan: Dual GSM.
Baterai: 2000 mAh.
Waktu siaga 3 hari.
Waktu bicara: 5 jam.

Layar

5 inch kapasiti touchscreen WVGA, 480x800 pixel.

Hardware dan Sistem Operasi

Prosesor: 1 Ghz.
Android 2.3.6 gingerbread.

Multimedia

Kamera: 3 MP, LED Flash dan 1,3 MP.

Konektivitas dan memori

Konektivitas: microUSB, bluetooth, wifi, jack audio 3,5 mm.
Konetivitas internet: GPRS, EDGE. WLAN, GPS, A-GPS.
Memori internal: ROM 4 GB (512 MB), RAM 2 GB (256 MB).
Memori tambahab: MicroSD hingga 32 GB.

Messaging

SMS, MMS, email, IM.

Lain-Lain

Advanced Task Killer, Angry Birds, App 2 SD, Bakcup master, browser, calculator, calender, clock, compass, ebuddy, email, facebook, FM Radio, gallery, latitude, local, maps, mini lyrics, music, play store, QQ browser, search, solo lite, sound recorder, video player,, wireless, keyboard.

Paket Penjualan

Handset.
Charger.
Kabel data.
earphone.
Buku manual.

Harga

Rp. 1.799.000,-

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.