Jumat, 29 Maret 2013

Review Smartphone Advan Vandroid S5

Dengan layar yang lega, Smartphone Advan Vandroid S5 ini bisa diandalkan untuk mendampingi aktifitas, baik bekerja maupun hiburan. Kinerjanya gesit dan suara speaakernya jernih. Tapi sayangnya kamera kurang bisa diandalkan. Ukurannya terasa pas digenggam tangan dan mudah dikantongi.

Pesaing Advan Vandroid S5.
Dengan harga sedikit lebih mahal dan fitur setara, IMO Memo punya prosesor lebih cepat (1,5 Ghz). Namun hasil uji benchmark menunjukkan bahwa kinerja advan vandroid S5 masih lebih baik.

Desain

Phablet atau phone tablet advan ini ukuran layarnya 5 inch dengan desain ergonomis dengan keempat ujung membulat dan bodi yang kokoh. Tombol dan portnya mirip dengan smartphone pada umumnya, yaitu tombol power, jack audio 3.5 mm, port microUSB dan tombol volume. Di belakang ada speaker mono yang berdampingan dengan kamera plus lampu kilat.

Bagian wajahnya berwarna hitam legam, didominasi layar sentuh lega seluas 5.3 inch. Sementara itu di bagian belakangnya berwarna hitam dengan tekstur doff sehingga tidak licin saat dipegang. Di bawah layar berderet tombol menu, home, back dan search. Meski layarnya luas, phablet ini masih bisa dipegang dengan satu tangan saja. Layar sentuhnya kapasitif dan berjenis VGA dengan resolusi 480x800 pixel.

Selain cukup tajam dalam menampilkan huruf maupun foto di dalamnya, warna juga terlihat terang. Kinerja layar sentuh saat diusap, cukup memuaskan. Respon layar tergolong sensitif dan akurat. Begitu pula kinerja keyboard virtualnya, respon yang cepat dan akurat membuat mengetik cepat dan terasa nyaman.

Antar Muka dan Aplikasi

Berbekal sistem operasi android 4.0 Ice Cream Sandwich, tak ada yang istimewa di phablet ini. Semuanya standar saja. Home screen terdiri dari lima halaman yang bisa diisi berbagai pintasan aplikasi dan game serta widget. Tinggal pilih halaman homescreen lalu masuk ke menu utama dan tekan tahan ikon aplikasi, game atau widget yang diinginkan. Di layar bagian bawah, ada deretan tombol virtual yang selalu tampil di homescreen yaitu phonebook, menu, sms dan browser.

Masuk ke menu utama, tampilan dan isinya juga standar android 4.0 ics. Ikon aplikasi bercampur dan diurutkan berdasar abjad, serta digeser ke kanan kiri untuk mengakses halaman lainnya. Aplikasi bawaannya standar saja bawaan android ICS. Aplikasi yang agak menarik misalnya File Manager, Flashlight, senter, quick dial setting untuk akses cepat ke nama kontak tertentu. Lalu erekam suara serta user manual advan vandroid S5 ini.

Tak perlu kuatir karena banyak aplikasi lain bisa didaptkan di toko aplikasi google play. Semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar. Tak perlu ragu untuk menginstal banyak aplikasi dan game, karena memori internalnya besar, ROM 4 GB. Masih kurang juga...? Ada slot microSD hingga 32 GB.

Musik dan Radio

Tampilan pemutar musiknya juga standar dan kurang menarik, tanpa animasi mengiringi lagu. Untungnya, kualitas suara yang keluar dari speakernya bagus, keras dan jernih tanpa ada nada pecah di volume maksimal. Nada treble terdengar jernih dan pas dengan sedikit samar-samar nada bass.

Pengoperasian pemutar musiknya juga mudah, termasuk pengelompokan lagu dan pemilihan lagu favorit. Adanya equalizer membuat suara tampil lebih bagus, baik lewat speaker maupun headset bawaan. Tersedia 11 pilihan equalizer siap pakai dan 5 kanal equalizer manual, plus bassw boost dan 3D effect.

Advan S5 ini dibekali headset bawaan yang kualitasnya cukup, baik bahan maupun suara yang dihasilkan. Lewat headset, efek stereo terdengar lebih kuat dan lebih jernih dengan nada bass yang bertenaga dan nada treble yang tidak membuat telinga sakit.

Antarmuka radio FM terlihat segar dan berbeda dibanding android lain. Siaran radio bisa diatur menjadi mono/stereo dan bisa direkam untuk dinikmati kemudian. Meski tak semua, penangkapan siaran cukup baik. Namun tak seperti di pemutar musiknya, volume tak bisa diatur maksimal karena suaranya nanti akan menjadi pecah. Syangnya, hanya ada 10 kolom stasiun radio untuk menyimpan stasiun radio yang terdeteksi.

Kamera

Sebenarnya, resolusi kameranya lumayan, 5 MP plus flash dan kamera VGA di depan. Ukuran file fotonya tentu saja besar. Sayang, kualitas fotonya kurang. Di luar ruang dengan cahaya sangat kuat, foto terekam kurang tajam, warnanya cenderung berlebih atau pucat. Untungnya, bintik-bintik (noise) tak begitu terlihat di foto luar ruang.

Lain halnya di dalam ruang, noise begitu jelas terlihat, foto kurang tajam dan foto mudah goyang karena obyek direkam dalam kecepatan rendah. Lamu kilat tak banyak membantu karena noise tetap tinggi. Untuk kualitas rekaman videonya juga mirip dengan hasil foto. Di luar ruang, video tampil cukup baik, dengan sedikit noise, namun warna terlihat pucat karena cahaya berlebih. Video juga berjalan dengan lancar tanpa gejala putus-putus. Namun kalau di dalam ruang, video tampil tersendat-sendat (putus-putus), dengan noise yang mengganggu.

Konektivitas dan Kinerja

Bekal fitur koneksi yang tersedia cukup lengkap. Ada dua slot SIM Card dan keduanya bisa aktif sekaligus, dengan salah satunya mendukung koneksi HSDPA. Selain itu, bisa digunakan wifi untuk koneksi yang lebih cepat dan stabil. Seperti standar android, koneksi ke perangkat lain bisa menggunakan bluetooth dan kabel data microUSB. Koneksi lewat kabel data microusb cukup sulit, tak terdeteksi di komputer.

Untuk navigasi, ada GPS internal dengan google maps sebagai petanya. Sayangnya, koordinat lokasi sulit ditemukan, padahal sudah dilakukan di ruang terbuka dan peta diakses dengan wifi yang kencang dan stabil.

Secara umum, kinerjanya terbilang bagus. Paduan prosesor 1 Ghz dan RAM 512 MB sanggup menangani berbagai fitur yang ada. Beberapa aplikasi dan game berat bisa dibuka sekaligus dengan lancar. Multitasking juga bekerja dengan baik, dengan berpindah-pindah antar aplikasi secara lancar.

Hasil uji benchmark antutu didapati skor 3639, RAM 594, 3D 841, 2D 355, IO 315, CPU integer 729, cpu floatpoint 529.


Kelebihan

Suara jernih dan bagus.
Kinerja gesit.
Memori internal besar.

Kekurangan

Kualitas foto dan foto kurang.
GPS sulit mendapatkan koordinat lokasi.

Spesifikasi

Rilis Januari 2013.
Dimensi: 149.5 x 83 x 11.2 mm.
Baterai: Li-Ion 2500 mAh.
Jaringan: Dual ON GSM, GSM/GPRS/EDGE dan HSDPA.
Frekuensi: 850/900/1800/1900 Mhz, 900/2100 Mhz.

Layar: TFT capacitive 5,3 inch WVGA, 480x800 pixel.
OS: Android 4.0 ICS.
Prosesor: ARM Cortex A9 1 Ghz.
Kamera: 8 MP (belakang) plus Flash, VGA (depan).
Radio: Stereo FM.

Konektivitas dan Hardware

Koneksi kabel: microUSB, jack audio 3,5 mm.
Koneksi nirkabel: HSDPA, GPRS/EDGE, bluetooth 2.1 EDR.

Memori: RAM 512 MB, internal 4 GB.
Memori eksternal: microSD hingga 32 GB.

Messaging

SMS, MMS, email, push mail, IM.

Lain-Lain

Radio FM, GPS/A-GPS, G-Sensor, calculator, calemder, email, google play, file manager, navigation.

Harga

Rp. 1.200.000,-

Top Mingguan