Senin, 01 April 2013

Review Samsung Galaxy Camera Indonesia

Samsung Galaxy Camera memang bukan kamera yang terbaik, namun punya hasil dan fitur terbaik yang pernah ada. Kemudahan dalam pengaturan, keakraban, serta pengetahuan sedikit fotografi, kualitas gambar terbaik dapat dihasilkan oleh orang awam.

Siapa pesaing terdekatnya, dialah Nikon Coolpix S800C sebuah kamera berpadu dengan OS android yang beresolusi 16 MP.
Siapapun yang menggunakan Samsung Galaxy Camera tanpa dibekali pengetahuan fotografi yang luas, bisa menghasilkan gambar berkualitas. Anda tinggal mengatur ke mode otomatis lalu biarkan galaxy Camera bekerja untuk Anda. Segala harapan tentang gambar yang layak di share ke orang lain bisa terekam dengan baik.


Desain

Samsung Galaxy Camera memiliki sebuah Grip. Perlu diketahui, Grip adalah pegangan yang ada di bagian kanan pada kamera. Layaknya kamera DSLR, dalam grip ini terdapat baterai dan tiga buah slot sebagai tempat microSD, SIM Card, dan HDMI. Sisi kanan grip ada port charger, tepat di atas grip ada tombol shutter yang berpadu dengan kendali lensa (zoom in/zoom out). Ini sama persis dengan kamera pocket lainnya.

Pada sisi atas ini ada juga tombol power dan sebuah flash Pop Up. Agar flash keluar dari sarangnya, tekan saja tombol di sebelah kiri bertanda petir. Tepat di bawahnya ada lubang speaker. Sisi kanannya ada port charger microUSB, port jack audio 3.5 mm dan tempat untuk mengaitkan tali pengaman. Sisi depannya dihiasi lensa 23mm yang punya sudut lebar. Ini sangat asyik untuk digunakan untuk berbagai keperluan. Jangkauan lensanya bisa melakukan pembesaran hingga 21x.

Layar

Sebagian besar pengoperasian Samsung Galaxy Camera dilakukan di layar. Ukuran layarnya 4.8 inch dengan menggunakan teknologi HD super clear LCD, dengan kerapatan pixel hingga 306 ppi. Tampilan gambar yang jernih, detail warna yang baik sehingga dalam membidik obyek, kita bisa pas mengukur pencahayaan yang benar dan tidak kabur dari warna aslinya.

Berbekal prosesor quad core 1.4 Ghz, kinerja layarnya responsif dan intuitif sehingga cepat dalam penggunaan. Layar multitouch galaxy camera menggunakan antarmuka touchwiz milik samsung dan berpadu dengan sistem operasi android jelly bean. Sebagai pengaman terbaik untuk layarnya, samsung memberikan lapisan corning gorilla galss 2 untuk mencegah dari goresan.

Kamera

Meski bukanlah kamera terbaik di pasaran, namun kualitas gambar 16 MP dari Samsung Galaxy Camera sangatlah baik. Mudah menghasilkan gambar terbaik karena Anda akan dituntun untuk pencapaian itu. Untuk mengaktifkan kamera, bisa menggunakan tombol power atau ikon kamera pada layar. Yang menarik di sini adalah mode penggunaan kamera. Biasanya ditemukan pada kamera DSLR. Ada tiga tombol pada antarmukanya,
  • Auto.
  • Smart.
  • Expert.



Pada modus auto, kamera akan mengatur segala sesuatunya untuk Anda, dari mulai diafragma, shutter soeed, dan ISO. Jadi Anda cukup menekan tombol shutter di sisi atas maupun pada layar. Sedangkan smart, akan menuntun Anda pada mode pengambilan gambar, diantaranya adalah panorama, waterfall, silhoutte, sunset, night, firework, lighttrace, beauty face, best foto, continuous shoot, best face, landscape, macro, action freeze, dan rich tone. Dengan sedikit belajar tentang fotografi, mustahil Anda tidak bisa menggunakan kamera ini. Berpadu dengan pengetahuan, otomatis Anda akan mendapatkan banyak jempol saat menguploadnya ke jejaring sosial.

Jika Anda sudah belajar fotografi, menujulah pada modus expert, Anda membayangkan sedang memegang kamera DSLR sungguhan. Pada antarmukanya akan tampil sebuah gambar lensa di sana. Anda bisa mengatur diafragma (bukaan lensa, seberapa besar cahaya yang boleh masuk ke lensa, F2.8-8.0), shutter speed (berpa waktu yang diperlukan untuk menangkap cahaya yang masuk ke lensa dari 0.8 detik hingga 1/2000 detik), lalu ada ISO (ukuran kepekaan cahaya, mulai dari 100 hingga 3200) dan WV Brightness. Anda tinggal menyapu lensa tersebut dari atas ke bawah untuk melakukan pengaturan.

Pada bagian bawah antarmukanya ada tanda panah ke atas, itu adalah tombol untuk menampilkan 14 efek gamnbar seperti sepia, black and white, negative, old foto dan sebagainya. Kemudian di sudut kiri atas ada icon home, icon gerigi (pengaturan kamera sperti WB, flash, focus). Sementara tanda panah baah di sebelahnya akan menuntun pada fitur voice commands dan beberapa perintah lainnya.

Fitur Voice Commands

Merupakan perintah suara yang kita berikan kepada Samsung Galaxy Camera, misalnya perpindahan dari modus kamera ke video, tinggal ucapkan saja "Record camera" atau take picture tinggal ucapkan saja "Smile" maka gambar akan langsung diambil. Semua perintah suara dilakukan dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Software dan Hardware

Ini android, tapi bukan smartphone. Hanya saja dengan memakai sistem operasi android jelly bean, tampilan homescreen mirip sekali dengan sebuah smartphone. Anda tidak akan bingung menggunakannya karena sudah terbiasa.

Dengan mengandalkan jaringan 3G dan wifi kita bisa mengunduh berbagai macam aplikasi di google play. SIM card yang digunakan berukuran micro SIM card. Ada beberapa aplikasi pendukung untuk foto misal saja Foto Wizard yang berguna untuk mengedit foto ringan layaknya di smartphone android. Aplikasi skype yang terintegrasi berguna untuk menerima panggilan video call. Galaxy camera juga bisa menghasilkan v ideo dengan resolusi HD 1920x1080 pixel serta menampilkan fitur untuk mengeditnya dengan aplikasi video editing yang tersedia. Berbagi gambar ke jejaring sosial atau device terdekat dengan Anda sangatlah mudah dilakukan.

Untuk perangkat kerasnya, samsung galaxy camera didukung prosesor quadcore 1.4 Ghz dan RAM sebesar 1 GB. Untuk ruang penyimpanan internalnya, dibekali dengan memori internal sebesar 8GB dan tambahan dengan menggunakan microSD. Samsung juga memberikan 5GB kapasitas tambahan di Dropbox.

Sedangkan untuk daya tahan baterai, dalam sehari hunting foto, galaxy camera mampu bertahan hingga malam hari dari pengisian full di pagi harinya. Di koneksi ada port HDMI yang berguna untuk kemudahan berbagi layar di televisi serta adanya koneksi DLNA.


Spesifikasi

Jaringan: 3G HSDPA 850/900/1900/2100 Mhz.
Dimensi: 128.7 x 70.8 x 19.1 mm.
Berat: 300 gram.

Layar

Super Clear LCD capacitive touchscreen, 16M colors, 720x1280 pixel, 4.8 inch (~306 ppi pixel density).
Multitouch, corning gorilla glass 2, Touchwiz UI.

Konektivitas dan Memori

Memori: microSD up to 64GB, internal 8GB storage, 1GB RAM.
Konektivitas: HSUPA, 21 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps, wifi 802.11 a/b/g/n, dual band, wifi hotspot, bluetooth 4.0, microUSB v2.0, 3.5 mm jack audio.

Multimedia

Kamera: 16.3 MP, 4608x3456 pixel, autofocus, 21x zoom, pop-up xenon flash, af light, wide angle 23mm lens, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, optical image stabilization, video@30fps, 768x512@120fps.

Sistem operasi dan Hardware

Os: android 4.1 jelly bean.
Prosesor: chipset exynos 4412 quad-core 1.4 Ghz cortex-A9.
GPU mali-400MP.
Baterai: Li-Ion 1650 mAh.
Waktu siaga 168 h (2G), up to 280 h (3G).
Talk time up to 4 jam 30 menit.

Fitur

Sensor accelerometer, gyro, compass, SIM, SMS(threaded view), MMS, email, push mail, IM, RSS, HTML5.
GPS with A-GPS support and GLONASS, java via java MIDP emulator, SNS integration, Dropbox (50GB storage), HDMI port.
MP4/DivX/XviD/WMV/H.264/H.263 player.
MP3/WAV/eAAC+/AC3/FLAC player.
Organiser, image/video editor, document editor, voice memo/dial, predictive text input (swype).

Kelebihan

Fitur nyaris mirip kamera DSLR.
Kamera 16MP.

Kekurangan

GRIP pegangan kurang nyaman.

Harga di Indonesia

Rp. 4.900.000,-

1 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.