Rabu, 27 Maret 2013

Review Smartphone MITO A322

Mito A322 meski tidak memberikan sesuatu yang istimewa, namun ponsel ini cukup layak dilirik oleh mereka-mereka yang menginginkan android dual-core berlayar lega. Namun memang jangan terlalu berharap banyak dari fitur fotografi.

Kelebihan mito a322 adalah dari sisi chipset mediatek yangberkemampuan dalam hal dual ON, begitu pula dengan MT6477 yang diusungnya. Kompetitor terdekat adalah IMO S88 Discovery yang menawarkan fitur tak jauh beda dengan mito a322. Hanya saja discovery unggul di kamera yang 8 MP, sementara mito a322 lebih baik pada penampang layar, lebih luas dan lebih rapat.


Desain

Mito A322 ini mengusung model rounded memanjang. Casingnya yang sebagian besar berbahan plastik dibikin kompak. Sementara finishing pada seluruh permukaan bodi cukup rapih sehingga tubuhnya terasa begitu halus. Secara garis besar ponsel ini cukup mengesankan dari sisi desain.

Tombol pintas dan port, konektivitas tergolong lengkap. Tombol bidik kamera yang biasanya tidak ada, telah dihadirkan juga. Namun posisinya di selasar kiri, biasanya ada di tepi kanan. Di sebelahnya menempel kontrol volume yang juga lumayan empuk. Sementara lubang audio dan microUSB masih mengikuti pola standar, yakni di bagian kepala atas. Akan tetapi tombol power rupanya disimpan di tepi kanan.

Berpindah ke bagian bawah layar, kalian akan menemukan tiga haptic, untuk pengaturan, home dan back. Sementara itu loud speaker seperti biasa menempel di punggung belakang bagian bawah.

Hardware dan OS

Smartphone ini ditopang oleh prosesor dual-core 1 Ghz yang menggunakan chipset MT6577. Secara keseluruhan, performanya tergolong baik, semua aktivitas nyaris dapat dieksekusi dengan lancar. Poin yang didapat dari benchmark juga cukup menjanjikan, antutu 6723 dan quadrant 2935.

Kelebihan chipste mediatek adalah kemampuan dalam hal dual-on, begitu pula dengan MT6577 yang diusung Mito A322 ini. Kalian dapat mengaktifkan dua kartu GSM secara bersamaan, namun hanya slot 1 saja yang mendukung jaringan 3G, slot 2 masih EDGE.

Sementara itu, pada manajemen perangkat lunak, Android Ice Cream Sandwich sudah versi 4.0.4. Hanya saja dari mulai penampilan sampai aplikasi yang disediakan tak ada sedikit pun interferensi, semuanya hanya mengandalkan bawaan android.



Layar

Bidang layar 4,5 inch memberikan visual yang apik. Resolusi 540x960 pixel tampaknya berperan besar di sini. Respon terhadap sentuhan jari juga cukup baik. Namun reproduksi warna terbilang biasa saja walau tak sampai mengecewakan.

Untuk fungsionalitas, berbagai sensor telah disematkan, mulai dari accelerometer, proximity hingga ambient untuk mengatur tingkat kecerahan secara otomatis. Sementara fungsi multitouch sudah mendukung sampai 5 titik.

Kamera

Mito A322 menawarkan kamera 5 MP dan VGA di bagian depan. Ada sebuah lampu LED untuk menunjang kamera utama, dan kalian dapat melakukan native video call. Lagian aplikasi kamera juga hanya mengandalkan bawaan android. Tak ada modifikasi. Fitur-fiturnya mencakup autofocus, touchfocus, HDR, panorama dan geo-tagging. ISO mendukung sampai 1600, tetapi hanya untuk resolusi 1,3 MP. Sedangkan untuk kamera 5 MP cuma sampai ISO 400.

Membuka kamera terbilang cepat, kurangdari 1 detik. Shutter lag juga cepat. Namun penguncian titik focus kerapkali ngaco. Khususnya pada kondisi low light, fokus terkadang berpindah-pindah ke titik lsin, padahal sebelumnya sudah terkunci.

Kualitas gambar tak bisa diandalkan terlalu banyak.
Foto-foto hasil jepretan tampak menyisakan kurang di sana sini. Noise masih terlihat mendominasi, detail gambar juga kurang, begitu pula dengan saturasi warna.

Multimedia

Musik playernya pun berpenampilan default android. Untungnya sudah dilengkapi dengan equaliser belasan pilihan genre berbeda. Pengguna bisa juga mengatur 3D effect dan bass secara manual.

Lagu yang disemburkan loud speaker lumayan menghibur.
Output suara cukup kuat, tidak terlalu banyak pecah, meski memang masih jauh dari sempurna. Menggunakan earphone bawaan, lagu-lagu yang diputar masih terdengar datar. Baru setelah ditancapkan earphone yang lebih baik, dentuman bass dan treble baru terasa hentakannya.

Radio FM menggunakan antena eksternal, sehingga untuk dapat menikmatinya, headset wajib terpasang. Aplikasinya dibuat sederhana, demikian juga dengan fitur-fiturnya, sebut saja playlist, daftar favorit, dan pencarian otomatis.

Video Player

Buat kalian penggemar film, smartphone ini lumayan bisa diandalkan, setidaknya bisa membaca file HD 720p dan mendukung banyak format video, termasuk MKV.

Untuk fitur pencari lokasi GPS, Mito A322 sudah dilengkapi GPS built-in serta pencarian lokasi lewat wifi. Tetapi aplikasi pemetaannya mamang hanya mengandalkan Google Maps, yang artinya kalian tidak bisa melakukan navigasi secara offline.


Kelebihan Kekurangan Mito A322

Keunggulan

  • Resolusi layar tergolong tinggi di kelasnya.
  • Prosesor dual-core.

Kekurangan

  • Antarmuka standar saja.
  • Kamera masih menyisakan beberapa titik lemah.

Spesifikasi Mito A322

Rilis: tahun 2012.
Jaringan: GSM Quadband, GPRS Class 10, HSDPA.
Dual mode GSM-GSM, Dual ON.
Dimensi: 135,5 x 68,5 x 9,5 mm.
Baterai: 1700 mAh.

Display
TFT touchscreen capacitive warna, 4,5 inch, 540x960 pixel.
Accelerometer, proximity, ambient.
Multitouch 5 titik sentuh.

Sistem operasi dan Hardware
Prosesor: MTK6577 1 Ghz Dual-Core.
GPU: PowerVR GSX5311.
OS: Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich.

Multimedia
Kamera: 5 MP dan VGA, LED Flash, autofocus, touch focus, HDR, geo-tagging, panorama.
Audio Player: ya.
Video Player: ya.

Konektivitas dan Memori
Konektisi nirkabel: Wifi, wifi tethering, bluetooth, A2DP.
Koneksi kabel: microUSB, audio jack 3,5 mm.
Memori internal: 2GB, ROM 2 GB, RAM 2GB (tersisa 472,6 MB).
Memori eksternal: microSD hingga 32 GB.

Paket Penjualan:
Unit ponsel.
Baterai.
Kabel data.
Earphone.
Charger.
Buku panduan.

Harga

Rp. 1.500.000,-









0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.